Senin, 12 Mei 2014

MAKANAN YANG BANYAK MENGANDUNG KARBOHIDRAT TINGGI SELAIN NASI

MAKANAN ALTERNATIF PENGANTI NASI YANG MENGANDUNG KARBOHIDRAT TINGGI.

Makanan Pengganti NasiMakanan Pengganti Nasi - Sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia dimana makan yang sesungguhnya adalah makan nasi, Sehingga timbulah istilah belum makan kalau belum memakan nasi. Menurut pakar kesehatan terlalu banyak makan nasi memiliki resiko naiknya kadar gula darah dalam tubuh.
Beras yang dimasak dan menjadi nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi. Glikemik sendiri merupakan metode ukuran rentang waktu makanan diserap dan dirubah menjadi gula darah. Semakin tinggi nila indeks glikemik pada makanan maka semakin cepat dampak makanan tersebut pada kenaikan gula darah. Menurut ukuran standart kesehatan internasional Nilai indeks glikemik yang masuk dalam kategori tinggi adalah lebih dari 70, Dan indeks glikemik rendah di bawah 55. Fakta mengapa nasi putih memiliki resiko kenaikan kadar gula darah, nilai indeks glikemik pada nasi putih mencapai 89.
Fakta inilah yang membuat para pakar kesehatan yang menyatakan semakin banyak memakan nasi putih maka kadar gula dalam tubuh akan menjadi semakin tinggi, dan menganjurkan untuk mencari makanan pengganti nasi yang mengandung sumber karbohidrat. Karbohidrat yang terdapat pada nasi akan dirubah langsung oleh tubuh menjadi gula dalam tubuh. Resiko penyakit yang ditimbulkan akibat tingginya kadar gula berbagai macam, antara lain Diabetes, kolesterol tinggi serta obesitas.
Mengganti konsumsi nasi putih dengan makanan pengganti nasi yang mengandung berkabohidrat rendah indeks glikemik, merupakan solusi terbaik mencegah terjadinya kenaikan gula garah dalam tubuh. Selain dapat menghindari resiko penyakit yang disebutkan diatas, sumber karbohidrat dari makanan selain nasi dapat memberikan variasi dalam memenuhi menu makanan anda.

Berikut makanan pengganti nasi yang mengandung karbohidrat dengan glikemiks rendah

Singkong
Singkong memiliki karbohidrat yang cukup komplek serta nilai indeks glikemik yang cukup rendah. Selain dapat dijadikan asupan kalori bagi tubuh, makanan yang mengandung serat tinggi ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Cara memakannya dapat anda sesuaikan dengan resep singkong favorit anda.
Mantang atau ubi jalar.
Ubi jalar ada 3 jenis yaitu ubi putih, ubi kuning, dan ubi ungu. Makanan sumber karbohidrat satu ini telah ditetapkan sebagai Juara nutrisi oleh Asosiasi Nutrisi Amerika Serikat. Nilai indeks glikemis yang hanya 54 menjadikan makanan ini lambat diproses oleh tubuh menjadi gula darah. Selain itu Mantang tidak hanya mengandung karbohidrat saja, beberapa vitamin penting juga terdapat pada makanan ini seperti vitamin A, Vitamin C bahkan antiokasidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas pada tubuh. Ubi jalar atau mantang juga terbukti dapat membantu proses pencernaan, hal ini dikarenakan adanya kandungan serat yang cukup tinggi pada ubi jalar.
Talas
Makanan satu ini memang kurang terkenal diantar keluarga umbi-umbian lainnya. Talas mengandung Karbohidrat dan protein yang cukup tinggi. Zat karbohidrat yang terdapat pada talas merupakan pati yang memiliki nilai hingga 80% sehingga mudah sekali dicerna oleh tubuh sehingga cocok sekali sebagai makanan pengganti nasi. Talas sendiri selain sebagai sumber karbohidrat, dipercaya dapat mencegah timbulnya resiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.
Ketiga Makanan pengganti nasi mengandung karbohidrat diatas dapat anda jadikan sebagai alternatif pengganti nasi putih. Memang kita tidak harus menghilangkan kebiasaan makan nasi, namun membuat variasi menu makanan karbohidrat selain dapat memberikan manfaat kesehatan, anda juga dapat mengatur biaya belanja dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar